1. HOME
  2. OTOTALK
TIPS MOBIL

Cara Cek Sendiri Kerusakan Kaki-kaki Mobil

Ada empat hal yang bisa diperiksa sendiri sebelum membawa ke bengkel.

By Rohimat Nurbaya 3 April 2016 19:09
Ilustrasi Kaki-kaki Mobil (Toyota Astra)

Money.id - Kaki–kaki mobil biasanya mengalami penurunan performa, bahkan rusak setelah digunakan perjalanan jauh. Banyak orang langsung membawa mobil mereka ke bengkel untuk diservis. 

Sebelum membawa mobil Anda ke bengkel, sebaiknya cek sendiri komponen kaki–kaki mobil. Caranya sangat mudah, alat yang diperlukan hanyalah dongkrak.

Dikutip dari laman Toyota Astra, pertama harus dilakukan adalah pemeriksaan tie rod atau komponen mobil untuk meneruskan putaran kemudi sehingga roda depan bisa belok ke kanan dan ke kiri

Setelah roda mobil terangkat, peganglah bagian kiri dan kanan ban Anda. Lalu goyangkan dengan cara menekan dan menarik bannya. Ketika tie rod bermasalah, saat ditekan dan ditarik terdengar bunyi seperti besi beradu atau terasa longgar.

Tie Rod (flashoffroad.com)

Kedua adalah memeriksa ball joint atau komponen pada suspensi mobil yang berfungsi sebagai sumbu roda ketika roda belok ke kiri dan ke kanan. Pengecekannya dapat Anda lakukan juga dengan menggoyangkan ban. 

Cara memeriksanya, letakkan tangan di posisi atas dan bawah ban. Ball joint perlu diganti jika ketika Anda menggoyangkannya, ban terasa longgar.

Ball Join (mechanics.stackexchange.com)

Ketiga adalah melakukan pemeriksaan bearing atau komponen pada kaki-kaki mobil untuk mengurangi gesekan. Cara mengeceknya, sambil memegang per, putarlah ban searah jarum jam. Bearing yang aus akan terasa bergetar atau terdengar suara berderit.

Memeriksa bearing (wheelbearingrepairs.wordpress.com)

Keempat pemeriksaan shockbreaker atau peredam kejut. Cara mengeceknya dengan memeriksa ada rembesan air pada shockbreaker atau tidak. Jika ada, harus segera diperbaiki atau diganti. (poy)

Shockbreaker (aclassinfo.co.uk)

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Ototalk Section