1. HOME
  2. FRESH
TRAVEL

Beri 'Boarding Pass' Tulisan Tangan, Maskapai Malaysia Ini Dikritik

Petinggi maskapai penerbanggan Malaysia, Rayani Air mengklaim bahwa Boarding Pass tidak bisa dicetak karena ada kesalahan teknis.

By Dian Rosalina 23 Maret 2016 16:33
Maskapai Penerbangan Malaysia Rayani Air (www.planespotters.net)

Money.id - Boarding Pass adalah sebuah dokumen yang diberikan oleh maskapai penerbangan kepada penumpang pada saat akan check in di bandara. Selain tiu boarding pass juga berguna sebagai tiket masuk ke dalam pesawat dan biasanya berbentuk print out komputer.

Lalu bagaimana jika boarding pass ditulis menggunakan tangan? Baru-baru ini sebuah maskapai penerbangan, Rayani Air menjadi perbincangan di negari jiran Malaysia.

Bagaimana tidak, seorang penumpang bernama Lau Weng San menggugah foto tiket penerbangan yang ditulis menggunakan tulisan tangan dari Bandara Kuala Lumpur menuju Kuching ke halaman Facebook.

Dilansir dari Siakap Kelly, petinggi maskapai Rayani Air, Anisah Azharuddin akhirnya angkat suara mengenai kesalahan teknis yang membuat geger dunia penerbangan Malaysia tersebut.

"Ada penumpang yang masuk setelah tengah malam (17 Maret) dan sistem kami tidak bisa mencetak tiket tersebut karena dalam sistem komputer penerbangan itu dijadwalkan terbang pada 17 Maret," ujarnya yang dikutiip dari Free Malaysia Today, Rabu 23 Maret 2016.

Dia pun menambahkan bahwa tulisan tersebut telah diverifikasi oleh otoritas penerbangan di bandara.

"Kami menerima setiap komentar positif untuk meningkatkan operasi pelayanan dan prosedur kami. Bukan hanya dalam hal kepatuhan syariah saja, tapi aspek-aspek lain yang termasuk di dalamnya seperti teknis," ujar Anisah.

Untuk menyelidiki kasus tersebut, Departemen Penerbangan Sipil Malaysia (DCA) akan turun tangan menelaah boarding pass yang ditulis menggunakan tangan.

Menteri Transportasi Malaysia Liow Tiong Lai mengatakan DCA perlu mengetahui apakah tulisan tersebut memang unsur kesengajaan atau memang benar ada kerusakan yang terjadi.

"Kami akan menyelidiki penyebabnya kenapa boarding pass ditulis menggunakan tangan. Mungkin ada beberapa gangguan dalam sistem atau sesuatu yang harus kami pertimbangkan," kata Liow.

Menurutnya, DCA telah memberikan Rayani Air peringatan untuk mematuhi semua peraturan dan layanan DCA, menambahkan bahwa kementerian mengambil semua keluhan serius.

"Kami telah diberi peringatan pertama sebelum berbicara mengenai penerbangan dan beberapa pelanggaran lainnya yang mereka lakukan," kata dia.

Liow juga menambahkan jika tidak memperbaiki kualitas, kemungkinan mereka akan menghadapi penghentian operasi karena tidak mematuhi aturan.

Baca juga: 

Inilah Deretan Penerbangan Yang Berbahaya di Dunia, Lion Air Nomor 1

10 Maskapai Terbaik di Dunia, Garuda Indonesia Salah Satunya

Perbandingan Siapa Paling Telat, Maskapai Amerika Atau Indonesia

Batik Air, Maskapai Penerbangan Paling On Time di 2015

3 Pesawat Misterius Terparkir di Bandara Kuala Lumpur

 

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section