1. HOME
  2. NEWS

2 Menteri Terinfeksi Virus Corona Baru, Presiden Filipina Sukarela Jalani Tes

Tes untuk memastikan kondisi sehat dan bugar.

By Ismoko 13 Maret 2020 10:14
Presiden Filipina, Rodrigo Duterte (Foto: Instagram/@rodyduterteofficial)

Money.id -  Presiden Filipina, Rodrigo Duterte, menjalani tes untuk mengetahui infeksi virus corona baru, Covid-19. Langkah ini diambil karena dua anggota kabinetnya terinfeksi virus corona.

Mantan ajudan Duterte, senator, Christopher " Bong" Go membenarkan pemeriksaan kesehatan sang presiden. Dia mengatakan, akan menjalani tes meski tidak menunjukkan gejala penyakit.

" Presiden Duterte dan saya akan menjalani pengujian untuk Covid-19," kata Go, dilaporkan media resmi Filipina, PNA.

Menurut Go, pengujian yang dilakukan Duterter merupakan langkah `bijaksana`. Saat ini, dua anggota kabinet tersebut mengumumkan telah menjalani karantina mandiri.

“ Mempertimbangkan bahwa beberapa anggota kabinet yang kami libatkan secara rutin telah terpapar pada orang-orang yang dinyatakan positif Covid-19 dan telah memutuskan untuk menjalani karantina sendiri, adalah bijaksana bagi kami untuk mengambil tindakan pencegahan sesuai dengan saran kesehatan kami. Pejabat," kata dia.

Meskipun tidak satu pun dari mereka yang menunjukkan gejala, Bong mengatakan, para pejabat hanya dites untuk memastikan mereka “ sehat dan bugar” untuk melakukan tugas resmi mereka.

" Seperti biasa, Presiden dan saya tetap siap melayani dan mati untuk rakyat Filipina," kata dia.

Sebelumnya, Departemen Kesehatan (DOH) memaparkan bahwa hanya orang-orang yang memiliki gejala Covid-19 dan berinteraksi dengan pasien positif diprioritaskan untuk mendapatkan perawatan medis.

Dalam pernyataan terpisah, Sekretaris Keuangan Sonny Dominguez dan Sekretaris Transportasi Arthur Tugade mengumumkan bahwa mereka akan melakukan karantina mandiri setelah berinteraksi dengan seseorang yang dites positif menggunakan Covid-19. (Sumber: Dream.co.id)

 

 

(i)

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section